73 Mahasiswa Ikuti MAPABA Rayon Ushuluddin dan Study Agama

Tilasnews, Bandarlampung, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Rayon Ushuluddin dan Studi Agama Komisariat Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung gelar Masa Penerimaan Anggota Baru ( Mapaba ) pada tanggal 18-20 desember 2020 di kantor Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Rajabasa.

Mapaba kali ini mengusung tema ” Menanamkan nilai-nilai spiritualitas, intelektualitas dan solidaritas guna terciptanya anggota yang mu’taqied”. Dengan anggota berjumlah 73 mahasiswa berasal dari Rayon-Rayon dibawah naungan Komisariat Raden Intan Lampung.

Ketua Rayon Ushuluddin dan Studi Agama, Thoifur Junaidi mengatakan, dengan mengusung tema ini diharapkan anggota baru PMII rayon Ushuluddin dapat menumbuhkan pola fiikir kritis sebagaimana identitasnya sebagai mahasiswa.

“Tema itu diangkat karena melihat kebutuhan yg dirasa perlu bagi mahasiswa terutama dalam pemahaman tentang prinsip keagamaan yang moderat dan juga menumbuhkan pola berfikir kritis sebagai identitas mahasiswa pergerakan serta mengutamakan kebersamaan dalam setiap kehidupan di kampus maupun organisasi”, kata Juna sapaan akrabnya.

Ia juga mengatakan bahwa Mapaba merupakan gerbang awal untuk anggota yang ingin masuk kedalam organisasi PMII, dalam tahap ini para peserta akan dikenalkan dengan berbagai macam nilai-nilai yang menjadi pedoman bagi setiap anggota pergerakan”, tambahnya.

Dirinya juga berharap agar anggota yang mengikuti Mapaba ini memiliki semangat dan militansi yang kuat terhadap PMII.

“Harapannya kedepan para peserta Mapaba mempunyai semangat dan militansi untuk berproses di PMII sehingga bisa memaksimalkan segala macam potensi yang ada pada individu dan organisasi”, imbuhnya.

Lebih lanjut, ia juga mengatakan, “Kami selaku pengurus pun sudah menyiapkan berbagai rangkaian kegiatan kaderisasi untuk mengembangkan minat dan bakat setiap anggota,” jelasnya.

Senada, Ketua Pelaksana Nyiayu mengungkapkan “acara ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan jumlah peserta pun dibatasi dari sekitar 200 mahasiswa yang mendaftar hanya 73 saja yang diterima mengikuti Mapaba tahun ini”, pungkas Ayu.

Hal ini merupakan salah satu ikhtiar untuk mencegah penularan covid-19 yg sedang mewabah dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, dengan harapan proses Mapaba berjalan dengan sukses tanpa terindikasi covid”, tambahnya.

Diketahui terdapat beberapa peserta delegasi diantaranya adalah dua dari Rayon Syariah, dua dari Komisariat Darma Jaya, satu dari Komisariat IAIN An-nur, satu dari Polinela, dan dua dari Tarbiyah. (Al)

Mungkin Anda Menyukai