Gakar Lampung Kecam Pengeroyokan oleh Oknum Disdukcapil Balam

Tilasnews.com, Bandarlampung: Gerakan Aktivis Kawal Reformasi (Gakar) Lampung menyatakan sikap terkait tindakan represif oknum Aparatur Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disduk Capil) Kota Bandar Lampung, Rabu (1/09)

Beberapa oknum pegawai Disduk Capil Kota Bandar Lampung melakukan pengeroyokan terhadap salah satu warga yang hendak mengurus Kartu Keluarga (KK).

Kordinator Umum Gakar, Iqbal Farochi menyayangkan peristiwa pengeroyokan tersebut. Menurutnya ini berbicara tentang Hak Asasi Manusia (HAM), seorang warga sipil mengurus Kartu Keluarga namun mendapatkan perlakuan premanisme yang sangat bertentangan dengan Hak Asasi Manusia dan Hukum.

“Kami sangat menyayangkan tindakan pengeroyokan yang dilakukan oknum pegawai Disduk Capil Kota Bandar Lampung, itu sangat memperjelas buruknya pelayanan para pegawai. Artinya jajaran pemerintah Kota Bandar Lampung yang saat ini dipimpin oleh Bunda Eva harus mengambil sikap terhadap peristiwa tersebut”, tuturnya.

Ia juga menambahkan bahwa pihaknya akan melakukan gerakan-gerakan untuk meminta pertanggungjawaban dari pemerintah terkait tindakan premanisme oknum pegawai capil tersebut.

“Kita pasti melakukan gerakan-gerakan nantinya untuk meminta pertanggungjawaban pemerintah Kota ataupun provinsi terhadap pelaku pengeroyokan”, tambahnya.

Berikut beberapa tuntutan yang akan diusung dalam Gerakan Aktivis Kawal Reformasi (Gakar) terkait pengeroyokan yang dilakukan oleh oknum pegawai Disduk Capil Kota Bandar Lampung.

  1. Tuntutan pertanggungjawaban walikota terhadap perilaku bawahannya secara moral dan hukum
  2. Apresiasi terhadap wakil gubernur yang tanggap terhadap perlakuan staf didukcapil terhadap warga
  3. Apresiasi terhadap Polresta respon aduan masyarakat dan menuntut agar diselesaikan dengan cepat dan tuntas
  4. Meminta agar dibentuknya/ adanya call center untuk pengaduan pelayanan masyarakat yang responsif. (Al)

Related posts