Peduli Sesama Kepalas Literasi Pesibar Gelar Bedah Rumah

Tilasnews, Pesisir Barat: Sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama, Komunitas Kepalas Literasi Pesisir Barat berikan bantuan renovasi rumah kepada mamak Sir salah satu warga tidak mampu di Desa Rawas Kecamatan Pesisir Tengah Kabupaten Pesisir Barat.

Mamak Sir Adalah salah satu warga berusia 70 tahun bertempat tinggal di Pekon Rawas Kecamatan Pesisir Tengah. Ia tinggal seorang diri disebuah gubuk berukuran 2×2m pemberian warga sekitar, untuk kebutuhan sehari-hari juga mamak sir dapatkan dari bantuan warga terdekat dan kini kondisi gubuk tersebut sangat memprihatinkan.

Direktur Utama (Dirut) Kepalas Literasi, Anggi Romadhoni mengatakan bahwa kegiatan kelompok Kepalas Literasi ini berdasarkan salah satu tujuannya yaitu bergerak dalam bidang sosial kemasyarakatan.

“Kepalas Literasi merupakan kelompok belajar dari pemuda dan mahasiswa dari berbagai generasi di Pesisir Barat. Kegiatan dari kelompok ini adalah belajar bersama, mengadakan diskusi, dialog, bedah buku dan juga aksi sosial”, ungkapnya saat diwawancarai wartawan Tilasnews.com Rabu (30/12)

Dirinya juga mengatakan bahwa saat ini kondisi tempat tinggal mamak sir sangat memprihatinkan.

“Kondisi rumah mamak sir saat ini sangat memprihatinkan bahkan tidak layak untuk dihuni, maka dari itu Kelompok Kepalas Literasi perlu memperhatikan nilai-nilai kemanusiaan terhadap saudara kita yang sedang membutuhkan uluran tangan kita semua”, pungkasnya.

Lebih lanjut pihaknya juga membuka open donasi bagi maayarakat yang ingin ikut andil dalam membantu mamak sir.

“Untuk biaya pembangunan nya sendiri kita membuka open donasi dan juga dari sukarelawan anggota Kepalas Literasi ini sendiri”, lanjutnya.

Senada dengan salah satu Founder Kepalas Literasi, Doni Irawan mengatakan bahwa hal ini bukan hanya menjadi keharusan untuk membantu sesama tetapi sudah menjadi kewajiban bagi kita semua.

“Membantu mamak sir bukan hanya merupakan keharusan tapi sudah menjadi sebuah kewajiban dari siapapun terlebih kita selaku sesama manusia dan warga masyarakat harus saling peduli dengan keadaan masyarakat lainnya”, pungkas Bang Doni sapaan akrabnya.

“Berhubung inisiatiaf ini muncul dan kemudian menjadi sebuah keharusan maka Kepalas Literasi yang merupakan wadah belajar bagi kami kalangan muda mencoba menjadi pengawal dari kegiatan sosial ini teruntuk mamak sir yang memang sudah sepatutnya mendapat bantuan”, imbuhnya.

Ia juga mengatakan bahwa gerakan ini mendapat dukungan dari organisasi Pemuda lainnya di Pesisir Barat.

“Gerakan sosial ini juga mendapat dukungan dan suport dari pemerintahan pekon dan Karang Taruna Pesisir Barat serta Organisasi lain seperti DAMAR Pesisir Barat, DPD KNPI Pesisir Barat dan juga PC GP Ansor Pesisir Barat”, tutup Doni.
(Al)

Mungkin Anda Menyukai